Rabu, 11 Februari 2015

MOLIWALK Methode




"Ah, susah banget, sih!"

Mungkin kalimat ini pernah diucapin sama kebanyakan orang kali, ya?

Ada yang bilang, bahasa yang satu ini katanya ribet lah, pengucapannya yang bikin lidah melilit, dan lain-lain. Padahal, bahasa ini udah menjadi bahasa kedua setelah bahasa Indonesia, lho. Dan hampir semua orang (khususnya remaja) pasti sering banget, nih, memakai bahasa ini buat mengekpresikan perasaan mereka. Entah lewat Sosial Media seperti Twitter ataupun Path.

Ah, enggak perlu panjang lebar, kalian pasti udah enggak asing banget sama bahasa yang satu ini. Iya, pasti udah ketebak, yaitu...

Bahasa Inggris.

Menurut gue pribadi, mempelajari Bahasa itu rasanya menyenangkan banget. Karena secara enggak langsung, dengan kita mempelajari Bahasa Asing (termasuk Bahasa Inggris) itu sama aja dengan mempelajari kebudayaan Negara lain. Selain membuat kemampuan berbahasa kita bertambah, wawasan kita pun semakin luas pula. Seru banget, kan?

Tapi, emang enggak bisa dipungkiri, mempelajari Bahasa itu memang ada tingkat kesulitan tersendiri. Apalagi Bahasa Inggris. Dan khusus di postingan kali, gue mau ngasih beberapa Tip nih buat kalian yang mau Belajar Bahasa Inggris dengan mudah dan menyenangkan.


1. ME(MO)RIZE IT!




Nah, meskipun hal ini sederhana, tapi menurut gue, cara ini cukup ampuh banget buat belajar Bahasa Inggris. Belajar dari basic dulu aja, misalkan nih, kita menemukan Kosakata yang belum kita tau artinya, kayak Witty (Jenaka) Morose (Murung) dan Quirky (Unik). Kita Translate deh, tuh, arti kosakatanya, terus kita hafalin. Kalau gue, menghafal sepuluh kosakata/hari itu lebih dari cukup. Tapi itu semua balik lagi ke kalian, semampunya aja, sih. Semakin banyak kalian menghafal kosakata, itu lebih baik. Tapi yang terpenting, kita harus konsisten buat ngelakuinnya. That's the key.


2. (LI)STEN IT!



Ah, kalau yang ini, semua orang pasti suka banget ngelakuinnya. Siapa sih yang enggak suka dengerin lagu? Satu hal yang paling menyenangkan dan bisa membuat pikiran kita jadi lebih tenang. Terlebih lagi, kebanyakan dari lagu-lagu yang kita dengerin, entah dari Radio ataupun dari Youtube. Bisa dari mana aja. Dan menurut gue, lagu Western lumayan mendominasi di Indonesia.Dan dari lagu-lagu yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai liriknya, secara enggak langsung, itu melatih pendengaran kita lho dalam pelafalan Bahasa yang satu ini. Jadi, meskipun kita enggak terlalu paham dengan arti yang dinyanyikan sama si Penyanyi, tapi seenggaknya, telinga kita terbiasa dengan pelafalan Bahasa Inggris. It's totally easy, right?

3. (WA)TCH IT!


Buat kalian yang suka banget nonton film, selamat, proses belajar Bahasa Inggris kalian akan semakin lebih cepat dan lebih baik. Kalian tau kenapa? Karena, Film adalah salah satu media yang mencakup keseluruhan pembelajaran Bahasa Inggris, dari Audio sampai Visual, semuanya tersaji lengkap. Banyak kosakata-kosakata baru yang enggak kita tau sebelumnya. Apalagi kalau film luar negri yang masuk ke Indonesia, pasti ada, dong, Translate text di bawahnya. Jadi, kita semakin mudah deh buat belajar Bahasa Inggrisnya. Selain terhibur dengan Filmnya, kosakata Bahasa Inggris kita akan semakin bertambah juga, deh. Ihiy.

4. TA(LK) IT!

Dan dari tiga point di atas, point terakhir ini adalah final dari pembelajaran Bahasa Inggris. Semua yang kita pelajarin kurang lengkap kalau kita enggak mempraktekan secara langsung. Berbicara Bahasa Inggris dengan orang lain (entah dengan teman, orang tua, bahkan sampai orang Asing). Enggak perlu fasih dan perfect, kok. Enggak apa-apa kalau pelafalan Bahasa Inggris kita belepotan dan enggak teratur, toh namanya kita lagi belajar, wajar aja kalau kita salah. Iya, kan?

***

Semua Tip yang gue share di atas udah gue lakukan, dan itu membantu gue banget dalam belajar Bahasa Inggris. Waktu itu, gue pernah nekad ngobrol sama orang asing berkebangsaan Irlandia. Awalnya gue takut, kalau gue salah ngomong ataupun si bule itu enggak ngerti apa yang gue ucapkan. Tapi gue memberanikan diri buat ngelakuin itu, karena gue punya tekad untuk bisa belajar Bahasa Inggris. Dan ternyata, si bule Irlandia itu mengerti dengan apa yang gue maksud, meskipun gue ngomongnya masih terbata-bata, tapi gue berani buat ngelakuinnya. Rasanya menyenangkan banget.

Gue inget sama ucapan tetangga gue yang kebetulan mempunyai suami berkebangsaan Kanada. Ia cerita gimana awal mula dia belajar Bahasa Inggris, dan itu menginspirasi gue banget. Oia, ini adalah salah satu pesan yang dia kasih ke gue,

"Yang terpenting dalam belajar Bahasa Inggris adalah berani buat praktekin-nya. Speak Up!"

                       
Gue membuat postingan kayak gini, bukan berarti gue udah jago dalam Bahasa Inggris. Enggak, gue masih dalam tahap belajar, kok. Dan point-point di atas adalah metode belajar yang gue lakukan setiap hari, agar kemampuan Berbahasa Inggris gue semakin bertambah. Karena menurut gue, belajar enggak melulu harus fokus sama rumus dan aturan baku. Itu bikin kita males dan bosan buat belajar.

So, semoga postingan gue kali ini bermanfaat ya buat kalian. Buat yang lagi kesulitan belajar Bahasa Inggris, tetap semangat, ya! Kita sama-sama belajar, kok. Hehe.

*nb : sebenarnya, metode di atas bisa digunain buat mempelajari seluruh bahasa, kok :D











3 komentar:

  1. kalo buat isha, yang paling sulit itu ta(lk) it.. hihi gatau gimana, susah banget belajarnya :P
    bahkan kalo dapet pasien orang luar, suka bingung pasiennya karena salah pelafalan. semoga bisa lebih baik lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi emang sulit, aku juga masih banyak salah kok dalam pelafalannya. Semangat kak Ishaaa \:D/

      Hapus