Rabu, 18 Februari 2015

LILO's Time : OIA (On-In-At)



This is Wednesday, and it's time for..

LILO! (engLIsh LessOn)

Wih, senangnya bisa sharing ilmu lagi nih sama kalian semua. Oia, buat kalian yang ketinggalan dengan materi yang udah gue bahas sebelumnya, bisa langsung mampir ke sini .

Di postingan gue kali ini, gue akan membahas tentang Preposition Of Time, atau dalam Bahasa Indonesia-nya  Kata Depan untuk Waktu. Sedikit info nih, Prepostion Of Time adalah satu dari enam macam Preposition dalam Bahasa Inggris. Di antaranya ada

1.) Prepostion Of Place

2.) Preposition Of Direction

3.) Prepostion Of Agent 

4.) Prepostion For Device

5.) Preposition Of Phrases

6.) Preposition Of Time

Banyak, ya? Memang. Gue sebenarnya lumayan kaget pas tau kalau Preposition itu terbagi menjadi enam. Tapi untuk kali ini, gue bahas Preposition Of Time dulu, ya. Hehe

Preposition Of Time, atau bisa kita singkat dengan POT (biar gampang ingetnya) itu adalah salah satu kata depan yang sering digunain dalam Bahasa Inggris. Dan POT ini tersusun dari tiga kata depan, di antaranya ON-IN-AT.

Sekilas, OIA (On-In-At) keliatannya itu sederhana dan sepele. Eits, tapi jangan salah, gue perhatiin, banyak orang yang sering keliru loh saat menggunakan OIA. Bahkan gue pun juga sering salah dalam penggunaan OIA. Dan setelah gue pelajarin lagi tentang OIA, gue jadi tau kesalahan gue di mana dan jadinya lebih paham. Untuk lebih jelasnya, kita bahas bareng-bareng, yuk.


ON


ON adalah salah satu bagian dari Prepostion Of Time yang sifatnya itu More Spesific (Agak Khusus). Maksudnya gini, penggunaan ON itu biasanya digunakan untuk Tanggal dan Hari. Tapi penggunaan ON bisa digunakan untuk nama jalan juga.

Contoh kalimatnya kayak gini nih,

Tanggal (Date)               :   I'll go to Resky's party on February 27th
                           
                                           Julian was born on June 21th in 1996

Hari (Day)                   :      Levi and Audrey will go to theatre on Saturday

                                            Faisal and Fajri will go to GYM Center on Friday           

Nama Jalan (Street)      :    Ahmad lives on Koala's street
   

IN


Nah untuk yang satu ini, IN adalah salah satu bagian dari Preposition Of Time yang mempunyai sifat General (Umum). Biasanya, penggunaan IN itu untuk menunjukan suatu Negara-Kota dan Lingkungan Khusus (contohnya kayak ChinaTown). Selain itu, penggunaan IN digunakan juga untuk menunjukan Tahun-Abad-Bulan-Minggu.

Contohnya kayak gini,

Country (Negara) : in, Indonesia in Canada, in Pakistan

City ( Kota )         : in Bogor, in Bandung, in Jakarta

Year ( Tahun)       : in 1989, in 1996, in 2007

Century (Abad)    : in 21th, in 23th

Month  (bulan)     : in February, in April

Week ( Minggu)   : 1n 3 weeks, in 2 weeks

Untuk contoh kalimatnya, kayak gini nih,

- Mario moved to Canada in June

- Lea go to camping with her friends in Bandung  


AT


The last, yaitu AT. AT adalah salah satu bagian dari Preposition Of Time yang sifatnya itu Very Spesific (Khusus Banget). Jadi, penggunaan AT hanya bisa digunain untuk alamat dan lokasi yang lebih spesifik (atau lebih rinci). Selain itu juga, penggunaan AT di gunain untuk menunjukan jam.

Contohnya kayak gini, nih,

- Doni left Annisa's house at 10 P.M

- Eleanor wake up at 3 A.M

-  Visca's address at 2096 leaf street, Jakarta  
***

Oke, kayaknya pembelajaran kita cukup sampai di sini dulu, ya. Semoga bermanfaat buat kalian yang belum begitu paham tentang OIA. Dan satu lagi, kalau misalkan di postingan gue kali ini ada kesalahan ataupun semacamnya, bisa banget ninggalin komentar di Comment Box. Thank before :D

See ya next week on Wednesday :)

  

       

5 komentar:

  1. Astagaaaa, B Inggrisku masih jelek, pedih bacanya. Gila, keren, bisa buat belajar juga nih artikelnya, Kak. ^ ^

    http://www.cewealpukat.me/

    BalasHapus
  2. oke, ini inggrisnya pelajaran yang cukup dasar ya?
    keren deh. saya kadang suka salah menempatkan on dan at....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Aku aja sering salah kok :D. Terima kasih :)

      Hapus
  3. Baru mampir udah suka sama tulisannya :)

    www.fikrimaulanaa.com

    BalasHapus