Sabtu, 28 Juni 2014

Failure Make Me Smile




Hai hai :D

Sesuai janji gue, gue akan menceritakan tentang hasil jerih payah gue yang berbuah manis. Tapi sebelumnya, baca dulu ya cerita gue yang satu ini. He-he.

Sekitar sebulan yang lalu, gue sempat nge down banget gara-gara sebuah kuis. Masalahnya sih sepele banget, gue enggak menangin kuis itu. Tapi di sini yang bikin gue sedih bukan karena menang kalahnya, tapi karena gue udah sangat amat berharap dari kuis gratisan itu. He-he.

Jadi gini, waktu itu, seorang Backpacker Indonesia yang bernama Muhammad Arief Rahman, kayak mengadakan kuis Free Trip to Resort World Sentosa yang di selenggarakan oleh pihak Resort World Sentosa Indonesia. Nah, sebenarnya kalau mau ikutan kuis ini simpel banget caranya. Elo Cuma perlu ngasih tau “What a craziest think you will do if be a winner” atau dalam bahasa Indonesia sih, Apa hal gila yang akan elo lakukan kalau misalkan terpilih jadi pemenangnya. Dan media buat ikutan kuis ini lewat Twitter, Facebook ataupun Blog. Nah bagi yang ngikutin kuis ini lewat Blog, link Blog-nya harus  lo Mention ke Arief Rahman dan Official Twitter Resort World Sentosa Indonesia dengan hastag #RWSID. Dan kebetulan, gue mengikuti kuis ini lewat Blog. Karena menurut gue, menulis di Blog jauhhh lebih leluasa ketimbang di Twitter.

Dan karena gue enggak pernah sekalipun keluar negri, jadi gue berpikir kalau kuis ini adalah kesempatan emas banget buat bisa melangkahkan kaki ke luar negri untuk pertama kalinya.

Gue excited banget, tuh,  pas tau ada kuis tersebut. Dan gue pun langsung menggendong Laptop putih kesayangan dari kamar tidurr menuju ke ruang gosokan, dan memikirkan ide untuk menulis “hal gila yang akan gue lakukan kalau jadi pemenang”

Lho, kok ruang gosokan ?

Soalnya waktu gue mau nulis saat itu, keadaan di rumah lagi berisik banget.  Dan Cuma ruang gosokan lah satu-satunya tempat yang tenang dan enggak berisik sama sekali.  Maklum, gue itu emang tipe orang yang konsentrasinya gampang pecah alias buyar. Nahh yaudah, deh, mau gak mau gue nulis di tumpukan-tumpukan baju yang tingginya udah melebihi tinggi badan gue.

Eh bentar, tumpukan bajunya yang ketinggian apa guenya, ya, yang ke pendekan? Entahlah......

Oke deh, singkat cerita, selama beberapa jam gue di ruang gosokan, akhirnya tulisan gue pun selesai dan langsung gue di kirim ke akun Twitter kak Arief Rahman. Dan ke esokan harinya, postingan Blog gue di komen sama kak Ariev! Whoahh senengnya bukan main. Dan itu menambah harapan gue buat jadi pemenang yang bakalan terbang menuju Singapore.


Dan setelah gue mengikuti lomba tersebut, selama kurang lebih enam hari, gue selalu berdoa semoga gue mendapatkan hasil yang terbaik ( tapi gue enggak mau munafik, gue pengin banget menang). Dan jujur aja, gue mengaharap banget bisa pergi ke Singapore lewat kuis ini.

Tapi sayang, gue enggak menang. Dan orang yang beruntung bisa menangin kuis tersebut adalah seorang editor dari penerbit #BUKUNE.

Kalau di tanya perasaannya kayak gimana, bisa di bilang kecewa dan sedih banget. Bahkan gue sempat menangis beberapa menit karena enggak bisa menangin kuis ini. Dan dari sini, gue udah males ngapa-ngapain, terutama menulis.  Karena untuk ke sekian kalinya, gue...

Gagal lagi.
**
Oke, itulah salah satu cerita kegagalan gue yang sempat bikin gue nge down banget sampai berminggu-minggu.  Bahkan gue sampai cuapekk banget kalau mau ikutan lomba-lomba menulis, baik Online maupun secara langsung. Karena di otak gue udah bilang, “Pasti gagal lagi, deh”. Dan benar aja, setiap lomba menulis yang gue ikutin, gue selalu kalah.

Kalau kalian mau tau, ini adalah lomba-lomba menulis yang gue ikutin [SEMUANYA GAGAL]
·     
  •     Lomba Mading Online Feminax
  •      Lomba menulis surat bersama Sari Wangi
  •  "Letter of Love” Surat Cinta Untuk Kemal bersama Bukune
  •   Blogging Contest “Future Leader” bersama USBI (Universitas Siswa Bangsa     Internasional)
  •  Blog Contest #IndonesiaHebat bersama PDIP Perjuangan
  • Kuis “Free Trip To Resort World Sentosa” Bersama Muhammad Arief Rahman
  • Lomba menulis “Ayo Menabung” Bersama BNI (Bank Negara Indonesia)
  • Blog Contest #InggrisGratis bersama Mister Potato.
Bukan Cuma lomba menulis aja yang gagal, bahkan dari gue SMP, Setiap cerpen yang gue kirim ke redaksi majalah, Alhamdulillah, enggak ada satupun yang di terbitin.
Dan ini adalah beberapa judul Cerpen yang udah gue kirim ke beberapa majalah remaja [GAGAL ]
·        - Waiting
·         -The Gentlemen
·         -Sepotong Apel
·         -Lazy Addict
·         -Harapan Di Balik Saku Celana
·         -Good Night
·         -Enjoy
·         -Dua
·         -12
·         -Bip Bip Bip
Gue awalnya sempat pengin berhenti menulis. Soalnya gue merasa putus asa, enggak pernah satupun orang yang mau nerima tulisan gue. Sebenarnya niat gue tuh Cuma satu; Tulisan gue di baca sama banyak orang. Tapi sayang, impian gue yang cuman bisa gue khayalkan selama hampir enam tahun enggak pernah terwujud.

Sampai pada akhirnya, ada satu cowok Kribo yang mengubah hidup gue dan membuat Passion gue buat menulis pun tumbuh lagi.
Dia adalah.....
Benazio Rizki Putra (Benakribo)

Yap, berkata si Youtuber inilah semangat gue buat menulis pun berkobar lagi. Dan berkat dia pula lah, gue merasakan usaha yang selama ini gue lakukan enggak sia-sia, yaitu; Enggak berhenti menulis.

Oke, jadi gini, kak Bena kebetulan mengadakan “Lomba Pencarian Kontributor”  untuk website pribadinya, yaitu http://www.benablog.com/ pada bulan desember tahun 2013. Jadi tuh inti lombanya adalah, setiap peserta yang ikut ‘Ajang Pencarian Kontributor’ ini harus mengirimkan artikel dengan tema yang unik dan pembawaannya harus fresh.



Dan bagi siapa yang artikelnya kepilih, akan di muat di halaman website benablog.com dan berkesempatan artikelnya akan di baca sama ribuan orang. Whoahh! Gue dari sini semangat banget mau ikutan lomba ini, karena ada satu hal yang selama ini gue idam-idamkan; Tulisan gue di baca sama banyak orang. Dan akhirnya, gue pun memutuskan untuk mengikuti lomba ini.

Karena jumlah pengiriman Artikel enggak di batasin, makanya, gue mengirimkan empat artikel dalam waktu empat hari. Niat banget, ya? Emang. Karena gue punya keyakinan, tulisan gue harus di baca sama ribuan orang!

Dan ini adalah artikel-artikel yang gue kirimkan ke management kak Bena,

AYO MENGUNTIT!

AYO MENGUNTIT! Adalah artikel pertama yang gue kirimkan untuk mengikuti lomba ini. Jadi artikel ini membicarakan tentang manfaat Menguntit, atau bahasa anak mudanya, sih Stalking.


METODE FISHEYE TERBARU

METODE FISHEYE TERBARU adalah pembuatan Artikel yang pualingg capek. Tau gak kenapa? Soalnya gue harus mondar-mandir ke dapur cuma buat nyari tutup panci sama teko.Oia sama satu lagi, helm motor abang gue. Soalnya ketiga barang ini gue bisa memanfaatkan efek cembungnya untuk membuat efek "FISHEYE" yang sekarang masih "in" di kalangan remaja.

Dan ini adalah hasilnya,

                         Ini Menggunakan Helm


PERTANYAAN YANG BIKIN UNTUNG DAN RUGI


PERTANYAAN YANG BIKIN UNTUNG DAN RUGI adalah salah satu inspirasi dari teman-teman gue yang senang bermain Ask.Fm. Dan dari situlah gue membahas tentang untung dan ruginya bermain Ask.Fm.


APA SALAH PARA BINATANG INI?


Jujur aja, dalam pembuatan Artikel yang ke-4 ini, gue benar-benar kehabisan ide untuk membuat tulisan tentang apa. Semua ide gue udah di kuras habis buat Artikel-artikel yang sebelumnya. Malahan sempat gue berpikir "Gak usah kirim Artikel lagi apa, ya? Capek". Tapi hati kecil gue bilang "Udah kirim aja, sekali ini lagi aja. Ini yang terakhir". Yaudah, jadi lah Artikel yang berjudul APA SALAH PARA BINATANG INI?. Jadi Artikel ini menceritakan tentang Binatang-binatang yang sering digunakan manusia buat caci maki. He-he.

Dan selama satu minggu lebih gue menunggu pengumuman pemenang lombanya, tanpa gue sangka-sangka ternyata Artikel gue pun di pilih kak Bena buat mampang di website pribadinya di benablog.com !

Dan yang bikin senang lagi, gue di Invite langsung sama kak Bena! Whoaa, bayangin aja gue langsung di Invite sama seorang penulis dan Youtuber terkenal kayak dia. Aduh bukannya norak ya, tapi ini adalah suatu kebanggaan banget bisa personal chat sama kak Bena. Terharu banget kalau ingat kejadian itu :")

Senang gak? Senang banget!

Dan inilah Artikel gue yang berhasil "Masuk" ke halaman website benablog.com dan menjadi Kontributor pertama

Buat kalian yang penasaran sama Artikel gue, silahkan klik link di bawah ini


Dan ini yang bikin gue terharu :") "Penulis"

Dan gue sangat senang karena Artikel gue udah di baca lebih dari seribu orang dan di komen sama dua puluh orang lebih. Ya Allah, mimpi gue akhirnya terwujud :") Enggak sia-sia usaha gue selama ini. Enam tahun gue menulis terbayar dengan munculnya Artikel gue di website kak Bena :"")

See? Perjuangan gue selama ini berbuah manis. Bahkan gue enggak pernah kepikiran tulisan gue di taksir sama penulis muda berbakat kayak Benazio Rizki Putra, yang merupakan salah satu pemain film "Marmud Merah Jambu" garapan Raditya Dika. :")

Dan satu hal yang harus gue lakukan adalah "Terus berusaha"

Gue jadi ingat sama salah satu kutipan dari Om Dahlan Iskan. Dia ngomong kayak gini,
" Setiap orang punya jatah kegagalan. Untuk itu, habiskan jatah gagalmu di masa muda"
 Dan dari kutipan ini, gue jadi sadar banget, bahwa kegagalan-kegagalan yang selama ini gue rasakan adalah proses dari "menghabiskan" jatah gagal itu sendiri. Dan dari situ gue jadi tersenyum dan bisa tertawa dengan segala kegagalan yang gue alamin.



So buat kalian, enggak usah sedih kalau kalian terus mengalami kegagalan. Gue awalnya juga sedih kok, malah sempat putus asa dan berhenti berusaha. Tapi gue sadar, buat mewujudkan mimpi itu enggak mudah, kita harus gagal. Kita harus merasakan sakit. Dan proses itulah yang membuat kalian jauh lebih kuat dan lebih menghargai arti hidup dan segala apa yang kalian raih dengan hasil jerih payah kalian sendiri.

Jadi, masih punya alasan buat bersedih ketika mengalami kegagalan? Boleh sedih, tapi kalian harus tetap maju! Keep on guys :D



Tidak ada komentar:

Posting Komentar