Rabu, 27 Agustus 2014

Seven Peoples On The Road


Hari ini gue cuma bisa menghempaskan badan ke kasur. Menggerutu enggak jelas dan marah-marah sendiri. Rasanya yang ingin gue lakukan saat ini hanyalah memejamkan kedua mata, tidur nyenyak dan bangun esok pagi buat bantuin nyokap. Tapi sayangnya, hati gue terasa gelisah kalau enggak menceritakan kejadian yang gue alamin hari ini di My dearest Blog. Hehe

Oke, jadi hari ini tuh gue abis nganterin teman gue, namanya Peja, buat daftar kuliah swasta di daerah jakarta timur. Kebetulan, temen gue ngambil jurusan pendidikan sastra inggris.

Sebenarnya sih gue seneng-seneng aja bisa jalan berdua sama Peja, itung-itung gue enggak bergaul sama satu orang aja. Selain itu, gue juga sekalian hangout keluar dan belajar komunikasi juga sama temen sendiri. Tapi enggak tau kenapa, hari ini tuh terasa panjanggggg dan melelahkan banget. But at least, gue seneng bisa membantu si Peja buat ngurusin daftar kuliahnya, walaupun cuman sekedar nemenin aja.

Jadi ceritanya kayak gini, selama perjalan menuju kampus swasta tersebut, udah banyakkk banget orang-orang yang kita berdua tanya-tanyain. Padahal, dari kemarin-kemarin, gue udah di kasih gambaran peta khusus sama bokap. Tujuannya di buat peta tersebut buat satu tujuan: Biar enggak nyasar. Sekilas, kalau di liat dari peta buatan bokap, rutenya itu gampang banget. Cuma tinggal lurus, belok kanan, belok kiri. Sampai. Tapi pada kenyatannya? Gue sama peja ngelewatin Fly over, belok kiri, rel kereta api, pasar tradisional, sama pangkalan angkot. Dan itu udah banyak banget lurus-belok nya, enggak terhingga.

Dan yang pasti, sama sekali enggak persis sama apa yang bokap kasih tau ke gue. Kalau gue perhatiin, sebenarnya, kita berdua itu enggak nyasar sama sekali. Cuma, mungkin Peja mau ngabisin isi tangki bensin motor maticnya, makanya dia jadi muter-muter dan ngambil rute yang lebih jauh.

 Singkat cerita, dalam kisah perjalan gue kali ini, gue dan peja bertanya ke beberapa orang buat nanyain arah. Mulai dari tukang jualan cincin batu di pinggir jalan, sampai ke ibu-ibu. Dan orang-orang tersebut adalah....

 1. Tukang Cincin Batu 

 Awalnya gue kurang setuju pas si Peja mau tanya sama penjual cincin batu yang satu ini. Karena sekilas dari wajahnya, gue udah berpikiran kalo orang itu bakal memalak kita berdua dan menguras habis isi dompet. Eh tau-taunya, "Nanti lurus aja luruss. Ngelewatin tiga lampu merah, nanti tanya aja sama orang di sana. Ambil arah sebelah kiri aja pokoknya" Ucap si bapak itu dengan logat khas Sunda-nya yang lembut.

Gue enggak jadi takut.

2. Kenek Metro Mini 

Setelah gue dan peja mengikuti arahan dari si bapak penjual cincin batu,akhirnya, kita berdua pun udah ada di lampu merah yang terakhir. Dan saat itu, Peja melambatkan laju motornya dan bertanya sama gue dan bertanya,

"Li, kata bapak-bapak yang tadi, abis ngelewatin tiga lampu merah, kita kemana lagi?"

"kata bapak-bapaknya sih, di suruh nanya lagi, Ja"

Dan kebetulan, saat Peja mematikan mesin motornya, ada seorang laki-laki yang modelnya (memang) kayak kenek lewat di sebelah motor yang kita berdua naikin. 

"Nanya sama orang ini aja, ya?" Seru gue ke Peja. Padahal sebenarnya, gue ragu a.k.a takut buat nanya ke orang itu.

"Yaudah gih, tanya sono." Gue pun memberanikan diri dengan turun dari motor, dan nanya ke orang itu. Dan bener aja, logat batak yang khas dari ucapan laki-laki itu tambah meyakinkan gue bahwa dia adalah kenek angkutan umum.

"Nanti kau lurus saja sejauh 200 meter, nah di situ banyak pangkalan mobil"

Seru kenek tersebut dengan lantang dan aksen Bataknya yang sangat kental

"Itu udah sampai, pak, ke Universitas swasta itu?" tanya gue yang masih agak ragu "
Yaaa !@^&*()_" kenek angkutan umum itu kumur-kumur. Enggak ngerti gue dia ngomong apaan.

Gue pun naik lagi ke motor, lalu ngomong ke Peja,

"Kata keneknya, di suruh lurus aja. Yang banyak pangkalan mobil"

"Terus itu udah nyampe ke Universitas Swastanya?"

Gue geleng-geleng kepala. "Dia enggak jelas, Ja, ngomongnya"

Peja pun akhirnya menyalakan mesin motornya dan melanjutkan perjalan lagi.

 3. Tukang Buah 

 Peja pun memutuskan buat berhenti di salah satu depan gerobak buah yang letaknya enggak jauh dari jembatan penyebrangan. Dan kebetulan, yang punya gerobak buah ini orangnya judes plus ketus.

 "Maaf bapak, mau tanya. Kalo misalkan mau ke Universitas Swasta arah nya lewat mana, ya?" Tanya Peja dengan nada merendah.

 Si tukang buah yang super judes itu jawab " Universitas yang tehnik apa yang farmasi?"

JENGGG. Peja nge blank. Dan akhirnya, gue inisatif langsung nyaut ke bapak-bapak itu.

"Pak, pokoknya universitasnya yang sebelahan sama rumah sakit,deh"

 Bapak itu terdiam sebentar, lalu menunjuk ke satu arah.

"Lurus aja nanti, kalo ada minimarket, ambil arah kiri"

 Dengan cepat, peja pun langsung melajukan motornya dan mencari minimarket tersebut.

4. Pria Gang Merdeka

"Li, isi bensin dulu, ya" seru peja sambil mengarahkan motor maticnya ke salah satu SPBU terdekat.

Gue dan Peja pun akhirnya ngobrol sebentar sambil nunggu antrean bensin yang cukup panjang. Dan sampai akhirnya, kita berdua melihat ke satu bapak-bapak yang kebetulan lagi ngisi bensin juga. Dan Peja pun meminta gue buat nanya ke orang itu

"Li, tanya, gih!"

"Seriusan nih mau nanya ke dia?" Tanya gue agak ragu-ragu (lagi)

"Iyaaa! Udah sana tanya!"

Gue pun akhirnya (lagi) memberanikan diri buat nanya ke orang itu. Dan setelah sepik-sepik nanya alamat, ternyata kebetulan banget, orang tersebut punya tujuan arah yang sama dengan gue dan Peja. Yaudah, singkat cerita, kita berdua pun mengikuti arah si bapak-bapak itu pergi.

Tadinya Peja memberhentikan laju motornya saat bapak itu udah masuk ke sebuah gang kecil nan sempit.

"Ja, kok lewat sini, sih? Kata bokap gua kan, Universitasnya di sebelah rumah sakit"

"Eh iya anjir nih" seru Peja

Teman gue yang satu ini awalnya ragu saat mau memasuki gang tersebut. Berkali-kali dia maju-mundurin motornya. Tapi karena gue desak buat tetep masuk ke gang tersebut,dan ngikutin bapak-bapak yang tadi ketemu di SPBU, akhirnya kita berdua pun masuk ke gang yang bernama gang Merdeka.

Dan ternyata, orang yang sempat bikin gue dan Peja sedikit curiga, dengan baik hatinya memberitahukan arah jalan menuju Universitas yang mau kita berdua datangi. Walaupun pada akhirnya, gue dan Peja sampai di Universitas Swasta yang ternyata Jurusannya Tehnik Mesin, tapi seenggaknya, orang tersebut udah ngasih tau jalannya. Hehe

5. Ibu-Ibu

Enggak ngerti deh ini, setiap temen yang jalan berdua sama gue naik motor, pasti bawaanya nyasar kemana-mana. Tapi gue enggak akan nyerah, daripada nyasar di jalan, mending nanya sama orang sekitar. Meskipun pada akhirnya, semakin sering nanya, nyasarnya semakin parah. Namun seenggaknya, usaha dulu nomor satu.

Ketika gue dan Peja mau muter balik, gue melihat ada ibu-ibu yang sepertinya baru turun dari angkot dan duduk di depan warung.

"Ja, gue nanya ke ibu-ibu itu, ya?"

Peja cuma ngangguk, dan gue pun langsung menghampiri ibu itu dan bertanya,

"Ibu numpang nanya, kalau misalkan...."

Ucapan gue seketika terhenti ketika ibu itu membuka mulutnya lebar-lebar dan....

"WHOAHHHHHH!" Ibu itu menguap dengan posisi mulut yang terbuka amat sama lebar, sampai gusinya yang berwarna merah muda pun terpampang jelas terlihat oleh gue.

"Ya ampun Ibu, lagi ngantuk banget, ya? Saya enggak jadi nanya, deh" Ucap gue dengan tampang memelas.

Ibu-ibu yang lagi gue tanyain itu malah cengar-cengir pas denger ucapan gue. Mungkin bagi dia aneh kali ya ngeliat respon gue makanya cengar-cengir?

"Udah gak apa-apa, tanya aja"

Gue pun akhirnya mendapat jawaban dari Ibu tersebut, lalu langsung melaju mencari Universitas swasta tersebut.

6. Kumpul Bocah

Mungkin di sini gue udah desperete banget buat nyari alamat. Gue udah bodo amat nanya ke siapa aja, yang penting orang daerah situ. Dan ketika saat itu, gue dan Peja melewati sekerumunan anak-anak bocah yang lagi ngumpul, gue punya inisiatif nanya ke anak-anak kecil itu. Di pemikiran gue cuman satu: Anak kecil itu jujur.

"Eh mau nanya dong" seru gue. "Kalau mau ke Universitas Swasta lewat arah mana, ya?"

Dan kebetulan, yang nyautin gue adalah bocah cewek yang bentuk rambutnya kayak chibi maruko-chan.

"Pokoknya, kakak nanti lurus aja, terus belok kiri, belok kanan, lurusss lagi, ada turunan, lurussss lagi"

Dengan bodohnya, gue sama Peja dengerin serius ucapan si bocah cewek itu. Dan gue udah yakin banget, ini anak jawabannya udah ngawur banget.

"Nah terus, udah sampe Universitas Swastanya?" Gue tanya dengan tatapan serius. Karena gue udah capek banget nanya mulu sepanjang jalan.

"Nyemplung ke kali. HAHAHA" Ledek si chibi maruko-chan.

Gue antara kesel dan gedek pas dia jawab kayak gitu. Tapi pada akhirnya, gue enggak jadi marah, malahan gue cengar-cengir gara-gara ngeliat ekspresi muka bocah cewek yang ngeledekin gue barusan.

7. Preman Jawa

Dan enggak jaug dari lokasi tempat bocah-bocah pada berkumpul, ada seorang pemuda yang memakain kaos hitam dengan kalung rantai di leher. Wah bener-bener, pertama kali di otak gue adalah, dia itu preman dengan tampang yang gahar dengan suara khas yang bergetar. Gue udah baca doa dalam hati ketika pemuda itu semakin mendekat ke arah gue dan Peja. Dan setelah dia mendekat, pemuda itu bertanya,

"Mau kemana, mbak?"

"HAH?" Seru gue dalam hati. Ternyata pemuda tersebut ngomongnya kejawen banget a.k.a lembut. Dan selama dia ngobrol sama kita berdua, wajah pemudah itu terus-terusan nyengir karena saking ramahnya

Nih, akibat suudzon (berburuk sangka) duluan sama orang lain. Bawaannya curigaan mulu.

Dan setelah di kasih penjelasan tentang rute menuju Universitas Swastanya, akhirnya gue dan Peja pun enggak nyasar dan sampai tempat tujuan dengan selamat.

Alhamdulillah.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar